17 September 2014

DANA PENSIUN - RETIREMENT FUND

PENSIUN?

Kalian mungkin sering mendengar kata pensiun, yang dimaksud Pensiun adalah seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda/dini). Seseorang yang pensiun biasanya hak atas dana pensiun atau pesangon. (sumber: http://id.wikipedia.org)

Apabila ada seseorang yang bertanya kepada anda, apakah anda bisa pensiun sekarang? Mungkin banyak yang menjawab TIDAK. Kecuali mungkin beberapa diantara anda yang memiliki warisan yang "tidak habis untuk tujuh turunan" bisa untuk pensiun sekarang juga.

Tahukah anda dalam hidup kita lebih banyak menggunakan uang untuk biaya hidup daripada mencari/ mengumpulkan uang, logika nya sebagai berikut: 

Kita semua sebagian bekerja setelah lulus kuliah sekitar umur 22-23 tahun, pada awal bekerja gaji pasti akan terbatas karena kita belum punya pengalaman kerja (fresh graduate) untuk periode awal kita sudah mandiri tanpa menerima tambahan biaya dari orang tua/ saudara pasti sudah cukup membanggakan. Biasanya kita mulai lebih baik pendapatannya setelah bekerja 1-2 tahun, kita ambil contohnya di umur 25 tahun.

Jadi di usia 25 tahun bisa kita anggap mulai serius untuk mengumpulkan uang selain untuk biaya hidup juga untuk membantu keluarga dan juga sebagian ditabung, tabungan yang harus disiapkan dari awal adalah Dana Darurat. Kita pensiun rata-rata usia 55 tahun sama seperti sebagian besar perusahaan membatasi karyawan untuk pensiun pada umur 55 tahun. Di Indonesia usia harapan hidup sekitar 75 tahun, anda bisa juga tanya kakek/nenek/ buyut anda pada umur berapa mereka meninggal untuk mengetahui harapan hidup anda. 

Jadi berikut ilustrasinya:






Umur 25 tahun bekerja & mengumpulkan uang, pada umur 55 tahun pensiun & tidak bekerja lagi, jadi selama 30 tahun kita bekerja & mengumpulkan uang, usia harapan hidup hingga 75 tahun, jadi kita memakai uang yang kita kumpulkan sendiri selama 50 tahun, kita anggap sebelum usia 25 tahun menggunakan biaya orangtua. Setelah kita pensiun kita pasti tetap membutuhkan biaya hidup jangan mengandalkan dana pensiun yang tersedia dari kantor. Jumlah dana pensiun dari kantor ini mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Saat anda menyusun dana pensiun, anda harus memperhitungkan gaya hidup yang anda inginkan, tentu anda tidak mau jauh berbeda dengan gaya hidup sekarang dan hal lain adalah inflasi (asumsi inflasi 8% per tahun) yang harus anda hadapi. 

Contoh biaya hidup per bulan Rp15jt sekarang, 30 tahun lagi sekitar Rp70jt untuk mendapatkan gaya hidup yang sama dengan sekarang, jadi untuk biaya hidup setelah pensiun selama 20 tahun, Rp70jt x 20 tahun, sekitar Rp1,4M. 

Sudah ada dana pensiun anda? Selain itu anda juga perlu siapkan dana perlindungan keluarga, perlindungan aset, dana pendidikan anak, kartu jaminan kesehatan, mau tahu bagaimana mendapatkan semua itu secara mudah, murah & cepat? Silahkan isi form di bawah untuk konsultasi GRATIS

No comments:

Post a Comment