10 September 2014

DANA DARURAT - EMERGENCY FUND





Rekening dana darurat?
Dana darurat adalah dana yang bisa di pakai dalam keaadan darurat/ mendesak, dana harus berbentuk uang yang berupa cash liquid, dapat diambil sewaktu-waktu dan nilainya sama serta selalu siap menjadi andalan dalam kondisi darurat. Kondisi darurat dalam hal ini seperti seperti terkena PHK, kecelakaan, sakit, kerusakan asset (contoh: mobil tertabrak) dana tersebut dapat langsung digunakan setiap saat dan dapat untuk biaya hidup beberapa bulan ke depan. Rekening dana darurat harus terpisah dari rekening lain dan tidak boleh digunakan kecuali dalam keadaan darurat seperti contoh diatas. Dana darurat bisa juga berupa uang cash tetapi pastikan keamanan penyimpanannya.



Berapa besarnya dana darurat?  


Besar dana darurat bagi setiap orang berbeda biasanya berkisar 3x hingga 6x biaya hidup per bulan, untuk single masih bisa 3x biaya hidup per bulan sebagai dana darurat, untuk keluarga minimal 6x hingga 9x tergantung besar tanggungan keluarga tersebut.



Sudah siap untuk menyiapkan dana darurat?  

Berikut  langkah-langkah yang bisa dicoba:


  1. Siapkan satu rekening terpisah untuk menyiapkan rekening dana darurat. 
  2. Pilih kemudahan akses dana darurat tersebut, misalnya: bank dengan ATM yang banyak atau mudah di akses. 
  3. Cari instrumen yang paling aman seperti tabungan atau deposito, apabila dirasakan dana cukup banyak bisa diversifikasi seperti reksadana pasar uang atau emas, tetapi ingat dana darurat bukan untuk mengharapkan pengembalian tinggi tetapi kemudahan akses. 
  4. Segera lakukan karena kita tidak tahu kapan akan menggunakan dana darurat, sisihkan penghasilan anda setiap bulan untuk mengisi rekening dana darurat.
Selamat mencoba, ingin tahu tentang perencanaan keuangan lain? Konsultasi gratis, Silahkan isi form dibawah ini

No comments:

Post a Comment